Dua Dusun di Pelosok Luwu Utara Kini Nikmati Air Bersih

Dua Dusun di Pelosok Luwu Utara Kini Nikmati Air Bersih
Bupati Lutra Indah Putri Indriani mengecek kualitas air di salah satu dusun di Kecamatan Seko. Foto/Istimewa

Bupati Luwu Utara (Lutra), Indah Putri Indriani alias IDP, meresmikan program air bersih di Dusun Kariango, Desa Malimongan dan Dusun Kampung Baru, Desa Beroppa, Kecamatan Seko. Program ini merupakan upaya pemerintah memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di pelosok, termasuk di wilayah pegunungan.

Usai menggunting pita sebagai tanda diresmikannya sarana air bersih, Bupati Indah didampingi Kepala Dinas PUPR, Suaib Mansur, pun mengecek kualitas air bersih dengan mencoba langsung air dari kran di rumah warga.

Baca Juga: Pemkab Lutra Rampungkan Perintisan 22 Km Ruas Jalan Mabusa-Malimongan

“Airnya bersih tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau. Semoga dengan masuknya air bersih di dusuini kesehatan masyarakat lebih terjamin dan kami berharap apa yang sudah ada tolong dijaga dengan baik,” ujar Bupati, dalam keterangan persnya kepada SINDOnews, Sabtu (6/6/2020).

Selain program air bersih, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara di hari yang sama juga meresmikan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Desa Beroppa, Kecamatan Seko.

Kepala Dinas PUPR, Suaib Mansur, menjelaskan dua program tersebut direalisasikan guna memenuhi kewajiban pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan infrastruktur khususnya air.

Baca Juga: Indah Putri Indriani Pimpin Aksi Gotong Royong Bersihkan Taman Sulikan

“Hari ini ada dua yang diresmikan, satu di Dusun Kariango Desa Malimongan dan Dusun Kampung Baru Desa Beroppa. Hal ini tidak lain untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat yang selama ini hanya mengandalkan sumber mata air dengan alat seadanya. Dan untuk pemeliharaan dan perawatannya, dibutuhkan partisipasi dari masyarakat di desa, harapannya agar bisa terjaga dengan baik,” ungkap Suaib.

Diketahui, Program Air Bersih di Desa Malimongan sendiri dialokasikan melalui Dana Alokasi Khusus tahun 2019. Sementara Program Pamsimas Desa Beroppa dialokasikan melalui APBN, APBD, serta swadaya berupa tenaga maupun lahan masyarakat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *