Pasca Tsunami Selat Sunda BPJS Kesehatan Salurkan Bantuan MCK dan Sanitasi Air Bersih

Pandeglang, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung mewakili seluruh Duta BPJS Kesehatan seluruh Indonesia salurkan bantuan bencana tsunami Selat Sunda, Selasa (19/02). Bantuan diberikan langsung ke warga desa Tanjung Jaya RT/RW. 03/06 Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

Peletakan batu pertama sebagai simbolis pemberian bantuan pembanguan MCK dan sanitasi air bersih sebagai sarana ibadah warga di Musholla Al Mukaromah Kampung Karang Mumpeuk. Acara ini di hadiri oleh Ketua RT, Ketua DKM dan warga setempat.

Deputi Direksi Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung Fachrurrazi mewakili seluruh duta BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia, menyampaikan bela sungkawa atas bencana tsunami Selat Sunda yang terjadi pada tanggal 22 Desember 2018.

“Atas kejadian tersebut kami sampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada masyarakat di wilayah Banten dan Lampung, khususnya di Pandeglang warga desa Tanjung Jaya ini,” ungkapnya.

Fachrurrazi menambahkan, pemberian bantuan berupa MCK dan instalasi air bersih merupakan bantuan yang diberikan oleh seluruh duta BPJS Kesehatan dari sabang hingga marauke.

“Pada dasarnya duta BPJS Kesehatan bergotong royong sama seperti prisnip iuran BPJS Kesehatan dalam program JKN-KIS, tujuannya agar dapat membantu memfasilitasi warga dalam beribadah dengan menggunakan air bersih, karena berdasarkan hasil survey yang kami dapat bahwa warga sekitar kekurangan air besih,” ujar Fachrurrazi.

BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung bekerja sama dengan Yayasan Relawan Kampung Indonesia (YRKI) dalam pemberian bantuan bencana tsunami di Kabupaten Pandeglang. Adapun bantuan yang diberikan berupa bahan material dan mesin air untuk pembangunan  MCK dan sanitasi air bersih.

Dikesempatan yang sama, ketua RT desa Tanjung Jaya Arsikum Hidayat, mengucapkan terima kasih kepada seluruh duta BPJS Kesehatan yang telah membantu korban bencana tsunami yang terjadi di Kabupaten Pandeglang.

“Saya atas nama warga desa Tanjung Jaya RT/RW. 03/06 Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, mengucapkan banyak terima kasih kepada BPJS Kesehatan sudah membantu kami agar bisa beribadah dengan nyaman karena memang mayoritas warga kami adalah muslim. Sehingga kami dengan mudah mendapatkan air bersih dampak dari bencana tsunami ini,” ujar Arsikum.

Fachrurrazi juga mengungkapkan kepada masyarakat yang terdampak bencana agar tidak perlu khawatir kekurangan air bersih, apabila terdapat kendala bisa dapat menghubungi tim dari BPJS Kesehatan atau Relawan Kampung. Dan bagi warga membutuhkan informasi terkait Program JKN-KIS peserta dapat memanfaatkan aplikasi Mobile JKN di tengah kondisi serba terbatas pasca bencana, sehingga tidak perlu repot-repot ke kantor untuk pelayanan administrasi yang bisa dilakukan secara daring. Peserta juga dapat berkonsultasi dan mendapat informasi melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500400. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *