HAKLI Galakkan Gerakan Sanitasi Lingkungan di Cengkareng

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan gerakan sanitasi lingkungan nasional di kawasan Pendongkelan Belakang RT 010, RW 016, Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu (29/03/2020).

Kegiatan ini untuk mencegah warga Cengkareng dari pandemi Covid-19 yang sudah menewaskan banyak warga Indonesia.  Ketua Umum HAKLI H. Arif Sumantri menjelaskan, sanitasi lingkungan nasional tersebut dilakukan dengan penyemprotan cairan disinsfektan seperti di rumah warga, tempat ibadah dan sekolah.

“Sebanyak 2 unit kendaraan patroli, 1 unit damkar, 1 unit ambulans serta lebih dari 10 peralatan spray dikerahkan ke sini untuk mencegah virus corona,” ujar dia. Arif juga mengingatkan kepada warganya untuk tetap mengikuti instruksi pemerintah di tengah eskalasi peningkatan wabah Covid-19, yakni hidup bersih dan sehat.

“Gerakan ini merupakan penyampaian pesan kepada masyarakat agar selalu hidup bersih dan sehat,” katanya. Arif pun menyampaikan apa yang sudah diupayakan oleh masyarakat akan menjadi keberlanjutan sebagai bentuk hidup bersih dan sehat melalui perilaku yang higienis dan saniter. “Kami berharap gerakan ini akan terus berlanjut agar masyarakat selalu hidup bersih dan sehat melalui perilaku yang higienis,” ucapnya.

Sementara itu, Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes, Kirana Pritasari menambahkan, gerakan sanitasi lingkungan nasional yang digelar HAKLI tersebut merupakan gerakan menyadarkan masyarakat agar selalu hidup bersih ditengah wabah virus Covid 19.

“Jika banyak organisasi profesi atau kemasyarakatan yang lain ikut tergugah dengan gerakan sanitasi lingkungan nasional yang dilakukan Hakli ini, maka semakin banyak warga masyarakat tersadar dengan hidup bersih seperti selalu mencuci tangan dengan sabun, penyemprotan disinsfektan serta berdiam diri saja didalam rumah,” tandasnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *