Sanitasi Lingkungan dan Derajat Kesehatan Masyarakat

Permasalahan sanitasi lingkungan merupakan salah satu indikator dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat atau dikenal dengan istilah H.L Blum. Ajakan memperbaiki sanitasi lingkungan dengan menggunakan metode STBM itu atau sanitasi total berbasis masyarakat disampaikan Dimas Prayoga, mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Kesehatan Umitra, di Bandar Lampung, Senin (10/10/2016).

“Setiap individu dan komunitas mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar sehingga dapat mewujudkan komunitas yang bebas dari buang air di sembarang tempat . Setiap rumah tangga telah menerapkan pengelolaan air minum (menggunakan air bersih yang tidak terkontaminasi, dimasak hingga matang) dan makanan yang aman di rumah tangga,” imbau Dimas.

Setiap rumah tangga dan sarana pelayanan umum dalam suatu komunitas (seperti sekolah, kantor, rumah makan, puskesmas, pasar, terminal) tersedia fasilitas cuci tangan (air, sabun, sarana cuci tangan), sehingga semua orang mencuci tangan dengan benar, mengelola limbahnya dengan benar, dan mengelola sampahnya dengan benar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *